Tuesday 30 June 2015

Hydrangea-Hortensia si bunga seribu/panca warna


      Horeeee....hari ini beli 3 pot bunga Hydragea lagi, warna putih dan pink tua untuk menambah koleksi dirumah. Karena sejak pertama kali melihat bunga ini di Belanda; di Indonesia juga ada tapi pada umumnya berwarna biru. Spesialnya di Bali masyarakatnya menggunakan untuk upacara keagamaan. Sangat menarik dan bunga ini akan kembali bersemi dan berbunga pada musim panas berikutnya. Kenapa sejak di sini saya begitu suka akan bunga ini? Banyak warna dengan kombinasi warna, dan bila bergerombol sangatlah menarik hati, pertama kali saya ke sebuah desa di Belanda namanya New Koop, sebuah rumah dengan taman bunga Hydragea dipinggir jalan. Bisa dilihat warna bunga dalam taman, mulai dari pink, putih, pink tua keunguan....Hhhmmmmmm menyenangkan sekali bukan?


     Beberapa hari kemudian kami mengunjungi salah satu toko untuk taman, di sana  ada beberapa macam warna Hydrangea yang pot besar dengan label Magic Season...harganya € 19,99. Bunga ini berubah warna 4x dalam setahun. Saya pilih ini satu dan satu pot kecil hydrangea macrophylla biasa.


 Di atas adalah jenis Hydrangea macrophylla (Bigleaf Hydrangea), padahal dirumah sudah ada Hydrangea arborescens cuma berbedanya bunga ini batangnya lebih kecil dan hanya berwarna putih.

     Saya berencana membuat taman di samping rumah penuh dengan Hyrangea berwarna2...saat ini saya sudah menanam dengan 3 bibit Hydrangea Macropylla putih dan 1 warna pink.
 Hydrangea sangat gampang dibudidayakan...cuma yang belum pernah saya praktek yakni menambah zat yang akan mengubah warnanya. Jika ingin menjadi biru ph tanah harus asam dikasih alumunium sulphate dan merah ph tanah harus basa dengan menambah kapur atau dolomit.
     Saat ini semua koleksi Hyrangea ku sedang tumbuh kembali setelah melewati musim dingin. Hydragea Macropylla yang pertama kali saya tanam dikebun belakang suka mengeluarkan kuncup-kuncup bunga yang siap mekar berwarna pink. Hydrangea Arborescens juga sudah banyak kuncup-kuncupnya yang nanti akan memenuhi taman dengan warna putih. Di bawah ini adalah gambar-gambar tersebut :
Hydrangea macrophylla di kebun dalam 5hari terlihat perbedaan warna,gbr.1
gbr.2
Hydrangea arborescens
     Nah bunga-bunga tersebut sekarang sedang mempersiapkan bunga untuk dinikmati tahun ini, seperti gambar-gambar yang akan saya pos sebagai berikut :

 Dua keluarga baru hydrangea macrophylla-ku
     Budidaya hydrangea sangatlah mudah dengan cara stek batang, persiapkan wadah untuk pembibitan dan tanah gambus dicampur dengan pupuk hubus . Simpan bibit baru di tempat teduh, setelah 5 hari tampak bibit yang tetap segar daunnya dan layu..tapi saya pastikan semuanya akan berhasil, dan ini akan saya tanam ditaman depan rumah kami.





Koleksi warna bunga hydrangea macrophylla:




Akhir nya hariini komplitlah koleksi bunga Hydrangea-q, mulai dari warna putih, cream, baby pink, pink tua dan biru, tinggal di tambah makanan tambahan untuk hasil warna yang diinginkan, mau lebih gelap atau lebih muda dari warna yang dimiliki. Thanks my lovely husband you are so kind :)
Unknown Fashion Designer

Saya adalah seorang fashion designer.

5 comments:

  1. Siang sist, saya mau tanya2 tentang hortensia, bolehkah??
    saya baru beli hortensia 3 hari lalu, pas warnanya masih putih2, trus saya taruh di ponggir rumah yang teduh saat siang. Sudah diberi air yang cukup di pagi hari, tetapi enapa bunganya pada kering ya??(bahkan sampai berwarna coklat spt gosong :( )apa kira2 penyebabnya ya?? dan bagaimana cara mengatasinya?? saya akan sangat berterimakasih untuk saran atau apapun itu :)
    oya, saya tinggal di semarang bagian selatannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo friend, sorry baru liat post jd terlambat balas, apapun alasan nya tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki, Hortensia membutuhkan sinar matahari penuh dan itu baik pada pagi dan sore hari,Selanjutnya, letakkan di daerah di mana tanaman akan terlindung dari angin. Di daerah yang ditiup angin kencang, daun akan mengering dan menyebabkan tanaman mengalami tekanan ekstensif. Pastikan memberi pupuk secukupnya, jika berlebihan menyebabkan tanaman tidak bisa berbunga.

      Delete
  2. Siang ibuk ...saya dari bali kebetulan di desa saya itu sebagian besar petani hydrangea tapi yang warnanya biru saja ..sy tertarik ketika tau bahwa ada yang warna lain .apa bisa di bantu misalkan sy beli bibitnya untuk warna yang lain untuk saya kembangkan..terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, maaf terlalu lama waktu untuk membalas karena selama ini sy kurang aktif di blog,dan sering keluar pulau, namun saya harap masih belum terlambat untuk kasih masukan, seperti yang sudah saya jelas kan di atas yang warna biru dan pink masih bisa di ubah warnanya dengan menambahkan kan makanan untuk tanaman, untuk mengubah dari warna biru menjadi warna lain coba tanam di pot dan kasih kapur atau dolomit untuk mengubah tanah menjadi basa, coba searching di toko yang menjual alat2 pharmasi atau toko chemical/kimia. Semoga bermanfaat.

      Delete
  3. Apakah di bali masih bisa kami dapatkan utk dibeli, di daerah mana lokasi penjualan tanamannya. Mojon informasinya mks

    ReplyDelete