Monday 8 June 2015

FRIESLAND (Traditional Clothing of Friesland)

Friesland is a one of 12 province in Netherlands and in the north. North of Friesland is the Woddinsea, in this sea there are some island, which belong to Friesland. The capital of Friesland is Leewarden. Friesland is fomous for :
          1. The lake and the watersport
          2. Cows and the milk
The Friesland people are tall people and mostly there are friendly. We visited a museum of traditional boads and also a mill where they saw big trees. Maybe we will come back in Friesland and go to camping in Mugginbiit (Mosquitobite). :)

Itu sedikit dari penjelasan dalam bahasa Inggris,dan lebih dalam bahasa Indonesia.
Tanggal 4 - 6 Juni adalah perjalanan mengunjungi Friesland salah satu dari 12 provinsi di Belanda.
4 Juni kita berdua (suami) berangkat menuju Friesland yang dari kota Den Haag kuranglebih 160 km ditimpuh 2,5 jam dengan mobil. Kami menginap di B & B De THuiskamer  in Grou. Hari pertama disana kita menuju Galamadamma,dan akan melakukan sailing dengan Skutsje Jacob Huisman.
Setibanya di tempat eh engga salah tuh...boat yang di booking besar banget untuk 2 orang yang mana bisa di isi sekitar 15 orang. Dalam perjalanan pulang menuju tempat kami nginap saya bertanya berapa harga untuk sailing selama kurang lebih 2 jam, suami saya tidak memberikan jawaban, dia bilang nanti saya komplain mahallllll....tapi saya cuma menebak €300 dan nanti nya ketahuan juga berapa karena tercantum dalam kuitansi pembayaran kamar.

Sorenya kami dijemput dengan boat kecil menuju restaurant yang sudah dibooking sebelumnya. Nama restaurantnya ....

Makanan pembuka dan penutup kami sama no 1 & 4, cuma makanan utamanya yang berbeda 3 & 4.
appetaiser kami adalah soup, saya memilih spinach soup. Saya tidak bisa menjelaskan apa nama menunya karena tertulis dalam bahasa Belanda,yang cuma tau menunya Derk daging sapi,menu saya ikan.
no.1

no.2

no.3

no.4
Keesokan hari ke 2 kami breaksfast jam 7.30 adalah hari yang sangat cerah dan juga panas,setelah itu kami jalan-jalan sekitar tempat kami menginap,juga mengunjungi Theaterwinkel Grou. ?  spesial membuat pakaian tradisional Friesland.Kami berdua di dandanin pakaian tradisonal itu,karena pakaian ini dipakai pada saat pesta daerah tersebut dan juga dipakai untuk karnaval.
Ha ha ha lucu banget...*)

Sore hari kami mengunjungi Museum - Skutsjemuseum di Earnewald, " HISTORISCHE SCHEEPSWERF" nama museumnya.
Skutsje adalah jenis kapal yang dibuat dari kayu untuk alat transportasi di daerah Fiesland  khusus nya transportasi dari Leeuwarden ibukota Friesland ke daerah Earnewoude. Mereka mengumpulkan badan-badan kapal dan alat-alat kapal dari sekitar tahun 1800.

Pada 17 - 9 - 2004 adalah awal resmi dari proyek membangun kembali kapal tradisional Friesland "Skutsje"
Banyak sukarelawan yang ingin bekerja di museum ini, tetapi  saat ini mereka sudah memiliki 50 orang sukarelawan tanpa digaji dan tanpa menerima subsidi dari pemerintah. Suami saya sangat terinspirasi dan kagum dengan mengunjungi museum ini.
Setelah itu kami melewati salah satu tempat kemping di alam terbuka, nama nya 'outdoor veltboom'
karena kami berencana untuk kembali ke Friesland untuk kemping. And ada beberapa sarang burung bangau putih (burung ranggung putih) atau di Belanda dikenal dengan nama Ooievaar atau bahasa Scientific : Ciconia ciconia,(bhs.Ing White Stork), mereka bertelur dan memiliki anak pada musim panas di daerah Eropa dan kembali terbang pulang ke daerah Afrika sebelum musim dingin tiba, dan akan kembali lagi pada musim semi kembali pada sarang yang ditinggalkan. Bangau ini senang tinggal didaerah hangat. Panjang tubuhnya mencapai hingga 1,2 m dengan rentang sayap bisa mencapai hingga 2 m. Burung ini memakan katak, ikan atau reptilia kecil dalam air.

Hari ke 3 yaitu hari kami pulang, dalam perjalanan pulang juga mengunjungi beberapa tempat salah satunya Mill atau Molen  tradisional yang masih berfungsi sampai saat ini sebagai pemotong kayu.

tampak muda dan belakang

bgn.dalam
Menakjubkan semua alat dan mesin yang terdapat dalam Mill digerakan dengan tenaga angin, untuk menarik kayu dan memotong kayu. Kebanyakan Mill seperti ini sudah dijadikan museum dan tidak berfungsi lagi karena saat ini sudah dibangun Mills yang modern seperti terlihat pada foto dibawah.

Perjalanan yang sangat menyenangkan, Terima Kasih Tuhan Yesus!!!!
Berkat-Mu melimpah.
Amin

Unknown Fashion Designer

Saya adalah seorang fashion designer.