Saturday 30 May 2015

Belajar menjahit tingkat dasar paling gampang (Easy to make basic pattern-Bag.1)




 PELAJARAN I

CARA MENGUKUR BADAN

Saya mau membagikan ilmu menjahit saya, yang telah saya tekuni hampir 25 thn kepada teman-teman yang saya kasihi. Pelajaran ini adalah salah satu dari teknik menjahit yang pernah saya pelajari. Sewaktu mengikuti studi desain, kami hanya diberikan pelajaran cara mengukur badan dan membuat pola dasar yang hanya diberikan pada 2 kali pertemuan (karena ini bukan inti dari studi).

Seperti yang sudah saya jelaskan pada profile,saya mempelajari lebih serius tentang cara membuat pola setelah saya bekerja sebagai desainer,8 tahun kemudian. Selama bekerja saya mengikuti beberapa teknik membuat pola dasar yang hingga kini catatannya masih saya simpan. Mungkin ada yang perlu? saya bisa bagikan - dengan menghubungi saya :)
Disini akan saya bagikan adalah teknik yang paling gampang dan praktis menurut saya karena pola dasar ini sangat bagus dipakai untuk pola dasar semua model baju wanita termasuk KEBAYA.
Yang mana baru-baru ini saya membuat gaun pengantin dan sukses, dengan teknik yang mudah cara membuat korset, dimana sebelumnya sayapun mempelajari cara membuat korset dan underwear begitu rumit dan saya menyerah hingga bulan maret 2015 saya menemukan teknik yang mudah (nanti akan saya bagikan).

Kita akan memulai pelajaran pertama yaitu cara mengukur badan. Oh ya, pasti ada yang lebih gampang lagi cara mengukur badan yakni lingkar leher, lingkar badan, lingkar pinggang dan pinggul selesai tapi ini tidak menjamin pola akan pas dibadan karena hasil akan longgar dan tidak sesuai dengan keinginan konsumen. Mari kita mulai...

Cara mengukur badan: 
  1. Lingkar Leher :  diukur sekeliling leher.
  2. Lebar Dada : diukur antara leher dan breast dari ujung lengan atas bagian ketiak kanan ke ujung ketiak kiri.
  3. Lebar Punggung : diukur antara ketiak dan leher bagian  belakang, dari ujung atas ketiak bagian kiri ke kanan.
  4. Panjang Pinggang : diukur dari puncak pundak/bahu depan melewati breast sampai ke bagian pinggang (yang sudah diikat dengan tali pembatas).
  5. Panjang Punggung : diukur dari puncak pundak/bahu belakang sampai ke bagian pinggang (yang sudah diikat dengan tali pembatas).
  6. Lebar Dada II : diukur dari  bawah ketiak bagian tengah kanan melewati breast ke bagian kiri (dilihat dari garis pemisah bagian depan dan belakang pada baju yang dipakai).
  7. Lingkar Badan : diukur sekeliling badan harus melewati breast.
  8. Lingkar Pinggang : diukur mengeliling pinggang +1cm.
  9. Lingkar Panggul/Pinggul : diukur mengelilingi pinggul terbesar.
  10. Bahu : diukur dari puncak pundak/bahu sampai tulang lengan.
  11. Tinggi kupnat : diukur dari pinggang melekat pada badan sampai puncak breast
  12. Jarak kupnat : diukur antara puncak breast.
  13. Panjang Tangan : diukur dari puncak tangan sampai panjang tangan yang diinginkan.
  14. Lingkar Tangan : diukur sekeliling tangan+1cm
  15. Panjang Blouse/ Dress : diukur dari puncak pundak melewati breast ke bawah sampai panjang yang diinginkan.

       

Unknown Fashion Designer

Saya adalah seorang fashion designer.

No comments:

Post a Comment